Thursday, June 1, 2017

Ke Pondok, Apa yang Kau Cari?



Ke Pondok, Apa yang Kau Cari?
Oleh : Ria Fadhilah
(santriwati kelas 1 Ext dan anggota Ikatan Cendikiawan Remaja Islam Manahijussadat (ICRIMA).

Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan. Tempat saya mencari ilmu, tempat saya ditempa untuk belajar disiplin. Contohnya disiplin dalam kebersihan, kerapian, dan mengatur waktu agar tidak terbuang sia-sia. Di sanalah saya juga diajarkan untuk mengetahui apa artinya sopan-santun, kepentingan, perjuangan, dan arti hidup.



            Saya sangat bersyukur bisa berada di pondok pesantren. Karena bisa bertemu dengan teman-teman dari berbagai macam suku daerah yang berbeda. Pengalaman seperti ini belum tentu dirasakan oleh orang lain. saya belajar dari nilai “NOL”, dan sama sekali tidak mengetahui makna dari semua pelajaran itu. Hingga saya mencapai nilai keberhasilan. Karena seseorang harus bangga dan bersyukur mendapatkan predikat sebagai santri. Menjadi santri berarti sedang meniti masa depan yang lebih baik.

            Banyak sekali orang-orang di luar Pondok yang menganggap sepele arti dari pondok pesantren. Karena mereka hanya memikirkan kebahagiaan di luar saja. Walau rasa batin selalu melanda jiwa saya. Tapi, percayalah ini adalah jalan untuk menuju kesuksesan yang akan datang.
            Dan seringkali banyak orang yang mengeluh karena masalah-masalah yang ada di pondok. Seperti halnya yang saya rasakan. Tapi saya yakin dan percaya, bahwa itu semua adalah cobaan dari Allah SWT. Karena Allah SWT sangat menyayangi hamba-Nya. Dan kita hanya cukup menghadapinya dengan sabar tanpa batas.
من صبر ظفر
“Barang siapa yang bersabar, maka beruntunglah ia”
           
Dan saya menganggap pondok pesantren sebagai rumah kedua, sekaligus surga dunia bagi kehidupan saya. (*)


No comments:

Post a Comment