Monday, November 27, 2017

MA MANAHIJUSSADAT BERPRESTASI DALAM KEMAH ILMIAH FISIKA 2017

KEMAH ILMIAH FISIKA 2017
MGMP FISIKA KABUPATEN LEBAK
Wanasalam, Sabtu-Ahad 25-26 Nopember 2017

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Fisika Kabupaten Lebak menyelenggarakan Kemah Ilmiah Fisika 2017 yang bertempat di SMA Negeri 1 Kec. Wanasalam Kab. Lebak. Dengan tema “Melalui Kemah Ilmiah ini MGMP Fisika Kabupaten Lebak Kita Tingkatkan Kualitas, Inovasi Guru dan Siswa”, diharapkan peran serta guru dan siswa dalam hal kualitas, inovasi baik guru dan siswa.
Dan Alhamdulillah dengan dukungan penuh dari Pimpinan Pondok Pesantren Modern Manahijussadat Drs. KH. Sulaiman Effendi, M.Pd.I dan tentu saja Direktur Tarbiyatul Al Islamiyah sekaligus Kepala Madrasah Aliyah (MA) Manahijussadat Ust. Hasan Asyari, S.Pd.I, M.Pd yang senantiasa mendukung setiap kegiatan. Apalagi ini kegiatan atau lomba yang bisa dikatakan bukan berbasis keagamaan, tetapi sains yang mungkin selama ini agak “dikesampingkan” dalam pendidikan di Pondok. Tapi dengan tekad untuk selalu ingin maju dalam segala bidang, MA Manahijussadat bisa berkiprah dan mengikuti perkemahan yang mayoritas diikuti oleh sekolah berbasis umum yaitu Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di Kabupaten Lebak Provinsi Banten.  
Berbagai kegiatan/lomba yang diikuti oleh Madrasah Aliyah (MA) Manahijussadat Cibadak, yang merupakan satu satunya jenjang Aliyah yang mengikuti Kemah Ilmiah Fisika, dan yang mendapat prestasi adalah lomba peluncuran roket air*, yang untuk kali ini ditentukan dari jarak terjauh untuk mencari pemenangnya.
*Roket air adalah salah satu jenis roket yang menggunakan air sebagai bahan bakarnya. Wahana tekan yang berfungsi sebagai mesin roket biasanya terbuat dari botol plastik bekas minuman ringan. Air dipaksa keluar oleh udara yang bertekanan, biasanya udara yang telah terkompresi.
Istilah "aquajet" telah digunakan di bagian Eropa, namun lebih dikenal umum dengan "roket air" dan di beberapa tempat mereka juga disebut sebagai "roket botol" (yang dapat membingungkan sebagai tradisional istilah ini merujuk pada sebuah kembang api di tempat lain).

Mesin roket air yang paling umum digunakan untuk mendorong model roket, tetapi juga telah digunakan pada model perahu, mobil, dan roket-dibantu glider. Roket air juga populer di sekolah percobaan sains.( https://id.wikipedia.org/wiki/Roket_air)
Perkemahan Ilmiah Fisika 2017 yang berlangsung dari hari Sabtu-Ahad 25-26 November 2017 ini diikuti oleh 82 peserta dari 18 sekolah se Kabupaten Lebak. Dan pemenangnya adalah sebagai berikut.
Juara ke 1 MA Manahijussadat
Juara 2 SMA N 1 Kalanganyar
Juara 3 SMA N 1 Bayah
Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan dari panitia yaitu MGMP Fisika Lebak.

Menurut Kepala MA Manahijussadat Ust. Hasan Asyari, S.Pd.I, M.Pd, ini semakin membuktikan motto “Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah”, yang secara etimologis, tidak ada bedanya antara madrasah dan sekolah, selain dari penyebutannya saja. Hal ini menegaskan bahwa ilmu sains terkandung dalam Al-Qur’an, bahkan para ilmuwan Islam telah menguasai ilmu sains dengan baik dan tentu saja lebih dahulu menemukannya dibandingkan orang-orang dari benua Eropa atau Amerika. Contoh kecil saja teori algoritma dan al Jabar dalam ilmu matematika, ilmu kedokteran oleh Ibnu Sina atau biasa orang Barat menyebutnya Aviecina. 

No comments:

Post a Comment