Wednesday, August 19, 2020

PELATIHAN BUDIDAYA TERNAK SAPI DI PONDOK PESANTREN MODERN MANAHIJUSSADAT

Late Post 

PELATIHAN  BUDIDAYA TERNAK SAPI

Pimpinan Pondok Drs KH Sulaiman Effendi, M.Pd.I (tengah) bersama nara sumber dalam acara Pelatihan Budidaya Ternak Sapi di aula Cordova Ponpes Manahijussadat, Selasa (24/9/2019).

Kemandirian pondok Pesantren Khususnya dalam bidang ekonomi mutlak dilakukan untuk menunjang pembangunan pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang tidak bergantung kepada bantuan pemerintah. Ada banyak potensi ekonomi di pondok pesantren yang bisa diberdayakan dan sangat berpeluang sangat besar  berkontribusi untuk pembangunan pondok. Potensi–potensi itu selama ini belum tergali dengan baik sehingga harus ada stimulus agar potensi ekonomi tadi bisa digali dan dikembangkan.

Pondok pesantren Manahijussadat memanfaatkan salah satu peluang pengembangan kemandirin ekonomi pesantren dengan peternakan sapi yang sudah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Perkembangan ternak sapi pondok selama sangat bagus khususnya untuk hari raya idul adha yang jumlah permintaanya setiap tahun semakin meningkat. Peluang ternak sapi ini belum banyak dikembangkan, padahal potensinya sangat besar dan prospek kedepan sangat menjanjikan .


Dari kebesahasilan pondok pesantren Manahijussadat dalam mengelola ternak sapi ini, Bank Indonesia berkerjasama dengan BPPT provinsi Banten mengadakan pelatihan budidaya ternak sapi untuk pondok-pondok pesantren sekitar Banten khususnya di kabupaten Lebak.

Pondok Pesantren Manahijussadat dipercaya  oleh Bank Indonesia untuk menjadi fasilitator dan bekerja sama dalam memfasilitasi pondok–pondok lain untuk memanfaatkan peluang peternakan sapi ini agar berkontribusi bagi pondok secara ekonimi dan bisa tumbuh kembang denga baik sehingga dengan demikian dari hasil usaha peternakan sapi tersebut bisa menopang kegiatan dan pembangunan pondok

Acara yang berlangsung dua hari sejak Selasa sampai Rabu (24-25/9/2019) itu diisi dengan pelatihan budidaya ternak sapi dengan nara  sumber dari BPPT Banten yang dibagi menjadi dua sesi. Hari pertama kegiatan dilangsungkan di aula Cordova ponpes Manahijussadat. Materi yang disampaikan berupa pemaparan teori–teori  baik peluang usaha ternak sapi, pengenalan macam-macam jenis sapi sampai kendala-kendala yang dihadapi dalam bertenak.


Sedangkan hari kedua praktik di lapangan yaitu di kandang sapi Pondok Pesantren Manahijussadat. Pada sesi ini para peserta diajarkan bagaimana  membuat pakan sapi yang baik dan dengan berbagai macam jenis pakan bahkan dari berbagai macam rumput yang digunakan untuk pembuatan makanan sapi.


Acara pelatiahn ini diikuti  20  peserta yang berasal dari dalam pondok–pondok sekitar Kabupaten Lebak. Nama-nama pondok yang mengikuti kegiatan pelatihan yaitu: Pondok Pesantren Daarel Azhar Rangkasbitung dan Pondok Pesantren Darul Musyaffa Warunggungung Lebak. Sedangkan sisanya berasal dari dalam pondok Pesantren Manahijussadat yang berasal dari tukang 3 orang, 1 orang ustadz dan sisanya dari kelas 5 dan 6. Para peserta pelatihan terlihat antusian mengikuti petihan dan menjadi pengalaman baru khususnya dalam bidang peternakan. (/* Fanur)

No comments:

Post a Comment