Monday, June 20, 2016

Praktik Ceramah



Praktik Ceramah

Santri Kelas 6 Ikuti Ujian Praktik Ceramah



Santri dan santriwati kelas enam Tahun Pelajaran 2015/2016 mengikuti ujian praktik ceramah agama dan kemasyarakatan di Masjid At-Taawun Pondok Pesantren Manahijussadat. Ujian praktik ceramah tersebut merupakan syarat kelulusan pondok yang harus ditunaikan para santri tingkat akhir.
Sebelum melaksanakan praktik ceramah, terlebih dahulu para santri membuat materi/naskah sebanyak 13 judul khutbah yaitu tentang Tahun Baru Islam, Isra Mi’raj, Maulid Nabi, Idul Fitri, Idul Adha, Pernikahan, Walimatul khitan, Walimatul Safar, Walimatul Hilm,  Aqiqah, Nuzulul Quran, Lailatul Qodr, dan Khutbah Shubuh.
Pembimbing kelas 6 Ustadz Hasan Asyari, S.Pd.I, M.Pd mengatakan ujian praktik ceramah ini penting untuk membangun kemampuan santri dalam menyampaikan materi dakwah, sehingga melalui ujian praktik ceramah para santri dapat menyampaikan ceramah dengan cara terbaik, mulai dari muqaddimah ceramah, penyajian isi ceramah sampai dengan penutupnya.
“Penilaian terhadap ujian praktik ceramah ini meliputi teks (materi khutbah), intonasi, kefasihan, ekspresi dan adab berceramah,” katanya saat ditanya variable penilaian ujian praktek ceramah, Minggu (7/2/2016).


Peserta ujian Muhammad Ilham mengaku senang dengan ujian praktik ceramah. Menurut dia praktik ceramah sebenarnya sudah biasa dilakukan santri di kegiatan muhadaroh.
“Praktek ceramah sudah terbiasa dilakukan pada kegiatan muhadaroh. Jadi dalam ujian praktik ceramah ini saya tak mendapatkan kesulitan,” katanya. Selain itu Ilham juga mengaku mendapatkan wawasan dan pengalaman berharga dari ujian ceramah yang terdiri dari 13 judul khutbah tersebut.

No comments:

Post a Comment