Monday, April 4, 2016

UJIAN NASIONAL (UN) MA 2016



UJIAN NASIONAL (UN) 2016

MA MANAHIJUSSADAT SERDANG
Tidak terasa anak-anak kelas XII MA Manahijussadat Serdang Ds. Pasarkeong Kec. Cibadak Kab. Lebak Tahun Pelajaran 2015-2016 sedang menghadapi Ujian Nasional 2016 yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan UN tahun 2016 ini diselenggarakan pada tanggal 04 April sampai dengan 06 April 2016. Siswa-siswi Kelas XII MA Manahijussadat pada tahun pelajaran ini berjumlah 61 orang terdiri dari 2 rombongan belajar, jurusan IPA sebanyak 32 orang dengan rincian 11 laki-laki dan 21 perempuan, sedangkan jurusan IPS sebanyak 29 orang dengan rincian 10 laki-laki dan 19 perempuan.


Kepala MA Manahijussadat Hasan Asyari, S.Pd.I, M.Pd mengharapkan siswa/siswi yang berada dalam naungan Pondok Pesantren Modern Manahijussadat ini berada dalam keadaan sehat sehingga dapat menjalankan Ujian Nasional dengan baik dan lancar.

Alhamdulillah para pengawas silang UN 2016 dapat hadir seluruhnya untuk menjadi pengawas ruang di Madrasah Aliyah (MA) Manahijussadat. Mereka berjumlah 8 orang berasal dari berbagai madrasah aliyah diantaranya MAN 1 Lebak (dahulu MAN Rangkasbitung), MA Darunnaim Kalanganyar dan MA Nurul Falah Pasir Malang Cibadak dengan dibagi untuk menjadi pengawas ruang dalam 4 ruang kelas ujian.



Dalam sambutannya Kepala MA Manahijussadat mengamanatkan kepada para pengawas ruang agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga anak-anak dapat menjalankan kegiatan UN dengan baik dan lancar. Tidak lupa pula Kepala MA, para pengawas ruang dan para siswa/siswi berdo’a untuk memohon kepada Allah SWT kiranya dapat mengerjakan UN tahun 2016 ini tidak ada hambatan dan diberi kemudahan dalam mengerjakannya sehingga didapat hasil yang memuaskan. 


Menurut informasi yang didapat dari http://www.pendidikanislam.id  lebih dari 410 ribu siswa Madrasah Aliyah mengikuti Ujian Nasional (UN), Senin (4/4) hari ini. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berharap seluruh siswa berhasil menyelesaikan UN dengan baik, berbasis semangat kejujuran dalam meraih prestasi.

“Semoga keberhasilan menyertai adik-adik yang besok akan UN,” ujarnya seperti dikutip situs kemenag.go.id.
Disebutkan bahwa setidaknya ada enam tips yang perlu dipersiapkan peserta UN, yaitu: pelajari kisi-kisi SKL (standal kompetensi lulusan) UN 2016, banyak berlatih soal UN, pelajari teknik pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer), jaga perasaan agar selalu tenang, hindari bentuk pelanggaran apapun, dan periksa ulang data diri dan jawaban.
Harapan yang sama disampaikan Direktur Pendidikan Madrasah  M. Nur Kholis Setiawan. Kepada para siswa MA yang akan menjalani UN, M. Nur Khalis mengingatkan bahwa prestasi adalah sesuatu yang penting karena menyangkut masa depan. Namun demikian, kejujuran adalah keharusan karena menyangkut kualitas pribadi.
“Kalian adalah generasi muda yang membanggakan. Untuk itu, selamat meraih prestasi yang dibarengi  dengan kejujuran,” katanya melalui pesan singkat, Ahad (3/4).
UN MA akan berlangsung secara serentak di seluruh Indonesia selama tiga hari, 4 – 6 April. Mata pelajaran yang diujikan pada UN MA adalah: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Mata pelajaran sesuai jurusan.
Untuk jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), mata pelajaran yang diujikan meliputi: Biologi, Fisika, dan Kimia. Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS): Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi. Sedangkan untuk jurusan Bahasa dan Budaya, mata pelajaran yang di-UN kan adalah Sastra Indonesia/Bahasa dan Sastra Indonesia, Antropologi, dan Bahasa Asing (Bahasa Arab, Jepang, Jerman, Perancis, dan Mandarin).
“Untuk jurusan Keagamaan, mata pelajaran yang diujikan adalah Tafsir, Hadis, dan Fikih,” tutur M. Nur Kholis Setiawan. (Red, Anam)
 

No comments:

Post a Comment