Tuesday, April 26, 2016

Wisuda Santri Akhir TMI Pontren Manahijussadat Angkatan ke-16



Wisuda Santri akhir TMI 
Pondok Pesantren Modern Manahijussadat Angkatan 16

Ahad, 24 April 2016


Hari yang dinanti oleh santriwan/santriwati akhir Tarbiyatul Mu’alamin Al Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren Modern Manahijussadat Angkatan ke-16 adalah hari Ahad tanggal 24 April 2016. Mereka berbahagia sekaligus sedih. Bahagia karena mereka berhasil menyelesaikan masa studi menjadi santri selama 4 tahun bagi mereka yang masuk dari kelas 1 Exention, dan 6 tahun bagi mereka yang masuk dari 1 Madrasah Tsanawiyah (MTs). Sedih karena mereka harus berpisah dari sekian tahun berkumpul bersama. Untuk Tahun 2016 ini santri akhir yang diwisuda berjumlah 61 orang, 21 laki-laki dan 40 perempuan. Diantara mereka Alhamdulillah ada yang mengabdi baik di Pondok Pesantren Manahijussadat itu sendiri maupun keluar memenuhi permintaan atau permohonan beberapa pondok pesantren yang membutuhkan. Dan itu membuktikan bahwa lulus pondok pesantren khususnya pondok pesantren modern telah terbukti bahwa mereka sanggup untuk terjun langsung sebagai pendidik ataupun pengajar untuk menularkan ilmu yang telah didapat.

Dengan tata panggung yang indah santriwan santriwati siap menatap masa depan. Karena selama jadi santri di Pondok Pesantren Modern Manahijussadat Serdang Ds. Pasarkeong Kec. Cibadak Kab. Lebak Prov. Banten bukanlah akhir dari pendidikan. Mereka dituntut untuk lebih maju lagi. Itu sesuai dengan amanat atau pesan dari Pimpinan Pondok Pesantren Modern Manahijussadat.

Pimpinan Pondok Pesantren Modern Manahijussadat Drs. KH. Sulaiman Effendi, M.Pd.I juga mengamanatkan kepada para santri bagaimana kehidupan kita bisa bermanfaat. Karena nilai mereka/raport anak santri adalah sesungguhnya sejauh mana mereka memberi manfaat kepada orang.
خير الناس انفعهم للناس
Dan orang yang paling berbahagia di dunia adalah orang yang paling banyak andil membahagiakan atau menyenangkan orang lain. Anak santri tetap selamanya anak santri, jadi kita harus pandai menghargai diri. Hargailah diri kita dimanapun kalian berada. Menghargai diri artinya meletakkan diri pada tempat yang terhormat, memposisikan diri untuk tujuan-tujuan yang terhormat.

Kegiatan wisuda angkatan ke-16 ini selain dihadiri pimpinan pondok dan segenap dewan guru serta seluruh santrinya, juga dihadiri oleh para tamu undangan, diantaranya dari Kapolsek Cibadak, Kantor Kecamatan Cibadak, para pimpinan pondok pesantren, dan lain-lain. Juga Alhamdulillah berkenan hadir Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Banten Bapak Drs. H. Moh. Agus Salim, M.Pd yang mengapresiasi kegiatan wisuda ini. Kenapa? Karena bukan rahasia lagi, banyak di luar sana kegiatan-kegiatan semacam ini malah ke arah negatif. Contoh kecil saja setelah mereka selesai mengikuti UN, mereka yang merupakan calon generasi muda malah melakukan tindakan yang tidak terpuji. Di Pondok Pesantren kita melakukan kegiatan penuh dengan kehidmatan dan keteladanan. Kakanwil juga mengapresiasi prestasi yang telah ditorehkan oleh para siswa yang berasal dari Madrasah yang selama ini sering dipandang sebelah mata. Kepala Kanwil Kemenag Prov. Banten juga mengucapkan selamat kepada para wisudawan, raih cita-cita yang lebih tinggi lagi, jangan puas dengan apa yang telah dicapai sekarang.

No comments:

Post a Comment