Monday, March 27, 2017

BERHARGANYA WAKTU



BERHARGANYA WAKTU
Ahmad Maki (Santri akhir kelas VI Pondok Pesantren Manahijussadat)


Dalam kehidupan ini tentu kita tidak terlepas dari yang namanya waktu. Kita harus menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Karena itu waktu begitu sangat berharga bagi kelangsungan hidup kita. Bagaimana cara menggunakan waktu agar berharga? Tentu tidak sulit dan juga tidak mudah cara menggunakannya. Tidak sedikit di antara kita yang bisa memanfaatkan waktu dengan baik, dan ada juga di antara kita yang meremehkannya.
Kita sebagai santri harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya yaitu dengan mengerjakan hal-hal positif, misalnya belajar sungguh-sungguh, banyak membaca dan menelaah ilmu. Gunakanlah waktu sebaik mungkin karena sang waktu terus bergulir seperti air yang mengalir yang tidak mungkin akan kembali lagi. Sebagaimana diungkapkan dalam al-mahfudzat, lan tarji’al ayamu lati madhot, tak akan kembali waktu yang telah berlalu.


Semestinya kita sadar bahwa sebagai santri harus memanfaatkan waktu sejak dini yaitu menabung ilmu sebanyak mungkin untuk masa depan kita sehingga kita dapat berkiprah bagi bangsa, Negara dan agama.
Kenapa kita harus memanfaatkan waktu dengan banyak belajar? Karena kita tahu Negara kita saat ini sedang "dijajah" oleh bangsa asing. Kita sejatinya yang harus berperan untuk menjadi tuan rumah di Negara kita sendiri. Kita tidak mau menjadi bangsa yang menjadi kuli di negerinya sendiri. Oleh karena itu, kita jangan bermalas-malas dan berleha-leha untuk memajukan bangsa kita yang sedang terpuruk ini.
Kita harus peduli dengan kondisi bangsa kita dengan cara meningkatkan kualitas belajar kita. Hendaknya kita jangan meremehkan dan menyia-nyiakan waktu untuk kemajuan masa depan kita. Mari kita jadikan waktu yang kita miliki diisi dengan sesuatu yang berharga. Sehingga kita sebagai santri mampu menjadi pemimpin negeri yang kita cintai ini. Semoga. (*)


No comments:

Post a Comment