Wednesday, August 23, 2017

Hebat Berawal dari Berani

Hebat Berawal Dari Berani
Oleh Chantika Dwi Erawati


    Yang saya ingin bahas dalam tulisan ini ialah mengenai keberanian. Semua orang harus mempunyai rasa berani dalam hidupnya. Apalagi seorang santri yang akan berperan penting di kalangan masyarakat nantinya.
   Beruntunglah kita dianugerahi sebagai seorang santri, yang sudah mempersiapkan diri untuk meraih masa depan yang cerah. Tapi, semua bergantung dari keberanian. Jika seseorang sudah merasakan sulitnya menjalani hidup hingga ia menjadi orang yang hebat saat ini, apakah  di masa depan akan menjadi hebat pula, jika tidak memiliki rasa keberanian?
   Rasa berani tidak akan timbul jika kita tak mau memaksanya untuk keluar. Contohnya seperti yang ada di pondok pesantren yaitu terdapat kegiatan berpidato, yang biasanya dilakukan tiga kali dalam seminggu. Setiap santri harus menyampaikan khutbah di depan banyak orang. Menurut saya ini sangatlah luar biasa. Apalagi ada yang menyampaikan pidato menggunakan bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Itu mantap sekali..! Saya yakin di kalangan masyarakat pada umumnya jarang sekali bahkan tidak ada seorang remaja yang bisa dan berani menyampaikan pidato di depan orang banyak.
   Nah, untuk para santri ini merupakan salah satu nilai plus untuk kalian dan kalian termasuk remaja yang hebat. Sayang sekali apabila rasa malu menutupi kehebatan yang kalian punya. Ayo tunjukkan kehebatanmu, tunjukkan aksimu. Jangan pernah malu atas apa yang ada pada diri kalian, jangan pernah merasa kalau kalian tidak bisa apa-apa. Ingat! setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan dan tak ada manusia yang sempurna karena kesempurnaan itu hanyalah milik Allah semata. Tapi, dengan kalian memiliki kelebihan maka kalian dapat menunjukkan kepada semua orang bahwa kalian itu hebat.
    Memang, kebanyakan santri ketika masa liburan atau setelah lulus pondok pesantren menjadi orang pendiam, mereka beralasan ingin ada perubahan ketika sudah tidak di pondok. Tapi, alangkah baiknya jika seorang santri memberanikan diri untuk bicara di depan umum, menyampaikan pidato, bahkan mengajarkan kembali apa yang pernah di pelajari selama di pondok. Itu akan lebih bermanfaat untuk orang lain dan insya Allah ilmu-ilmu yang telah kita amalkan akan bermanfaat pula untuk diri sendiri. Amin.
     Teringat ketika seorang Ustadz bercerita tentang masa lalunya di pondok pesantren. Beliau termasuk orang yang biasa-biasa saja, tidak pernah menjadi juara kelas. Namun, yang saya lihat saat ini beliau adalah orang yang sangat hebat, sangat disegani, dan  mampu mendirikan Pondok pesantren. Semua itu karena terdapat keberanian dan rasa percaya diri yang telah tertanam dalam diri Beliau. Sehingga selalu bersungguh- sungguh dalam  meraih apa yang diinginkan. Beliau adalah  Drs. KH. Sulaiman Effendi, M.Pd.I pengasuh Ponpes Manahijussadat Cibadak Kab. Lebak.
     Maka dari itu tanamkanlah keberanian dalam dirimu agar kamu menjadi orang hebat.

Penulis adalah santriwati kelas 5 IIS Pontren Manahijussadat Cibadak Lebak.



No comments:

Post a Comment