Monday, August 14, 2017

Kamu Baper?

Kamu Baper?

Oleh Ustazah Rosydah Uluwiyah

Baper? siapa sih yang gak kenal dengan istilah baper? dan siapa sih yang suka jadi korban baper ? siapa lagi kalau bukan akhwat.
Menurut saya baper (bawa perasaan) alias sedikit-sedikit dibawa perasaan ini adalah sebuah penyakit atau bisa disebut sebuah virus. Mengapa? karena jika kita sudah terjangkit virus ini, maka dijamin hati kita tidak akan tenang dan akan terus menerus menciptakan kegalauan dan kegundahan.  Tapi tahu enggak sih arti baper yang sebenarnya itu apa?
Bawa perasaan maksudnya adalah seseorang menyaksikan atau mendengar suatu hal, kemudian perasaannya terbawa akan hal yang disaksikan atau didengar tersebut. Contohnya ungkapan “tuh lihat deh orang itu lihatin aku aja”.

Memang akhir-akhir ini banyak sekali korban-korban baper, entah akhwat atau pun ikhwan. Namun, kaum akhwat lebih banyak terjangkit virus ini. Akhwat yang sering berkhalwat meski di dunia maya (Chat, FB, Line, BBM, dsb) dan bukan tidak mungkin akhwatlah yang sering ikhtilat enggak jelas dengan lawan jenis. Nah, di sinilah virus-virus baper akan tumbuh.
Contohnya, saat akhwat melihat status yang ikhwan share di media sosial dan isi statusnya itu tentang sebuah perasaan ikhwan tersebut, padahal status itu bukan di tujukan untuk akhwat lho, tapi... Kenapa akhwat yang baper?  itu karena akhwat terlalu memelihara virus baper! mending kalau status ikhwan itu tidak berbau keilmuan, mending discroll dan abaikan aja deh.

Lain contoh, bukan di antara akhwat dan ikhwan tapi di antara akhwat dan akhwat. Nah, pernah dong akhwat dengan akhwat saling baper-baperan? contoh simplenya, Akhwat yang sedang galau atau ada masalah langsung deh ngepost caption atau status yang ditunjukan buat orang tersebut, tapi kenyataanya yang baca bukan si “Doi” tapi seantero jagat raya, yang ada menyebar kebencian yang tidak ada ujungnya, dan yang Baper bukan hanya satu orang akan ada si baper yang lain. Naudzubillah.

Inilah yang harus kita waspadai saat ini, menjaga hati itu memang tidak mudah lho. Berbuat baik pada sesama itu bagus, bangus banget . Rasululllah Saw mengajarkan kita untuk saling membantu dan menyayangi sesama muslim kan? maka untuk itu kita harus lebih berhati-hati dalam bersikap. Kita jadikan Allah saja pemilik hati kita, Kalau mau Share status yang tidak bermanfaat ingat Allah Aja, Mari belajar megendalikan hati dan tangan yang sering mengetik status atau caption-caption yang kurang bermanfaat.

Jazakumullah khoiron, Semoga Allah merahmati kita semua dan menjaga hati kita. Amin.

No comments:

Post a Comment