Sunday, August 13, 2017

Hymne Oh Pondokku

Hymne Oh Pondokku
Oleh Yudi Nurhadi, S.Ag
Santri dan para alumi pondok pesantren modern Manahijussadat tentu hafal lagu “Hymne Oh Pondokku”. Hymne yang liriknya sangat sederhana dan kerap dinyanyikan di setiap perkumpulan resmi (semisal acara perkenalan khutbatul arsy dan wisuda santri tingkat akhir) itu diciptakan lima tahun setelah berdirinya KMI Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo, tepatnya pada tahun 1940-an.
Hymne Oh Pondokku” kian melekat di batin santri merupakan perwujudan Panca Jiwa Pondok tersebut merupakan hasil kolaborasi 2 orang guru KMI Pondok Modern Darussalam Gontor yaitu: R. Moein (menantu R. Rahmat Soekarto, kakak Trimurti Pendiri Pondok Modern Gontor) yang membuat aransemen dan liriknya dikarang oleh Husnul Haq (https://id.wikipedia.org/wiki/Oh_Pondokku).
Arti kata 'himyne' di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah nyanyian pujaan (untuk Tuhan dan sebagainya); gita puja. Jadi, “Hymne Oh Pondokku” merupakan nyanyian yang berisi pujian kepada pondok yang telah berjasa menjadi tempat naung santri menuntut ilmu. Selama empat dan enam tahun bermukim di pondok, sejak kecil hingga dewasa santri dibina, dibimbing dan dididik dengan pola asuh dan berbagai disiplin pondok. Lingkungan pondok yang kondusif serta berbagai kegiatan yang dilandasi pengabdian (ibadah) kepada Allah––semisal kegiatan belajar mengajar, salat berjamaah setiap hari, membaca Alquran dan kegiatan lainnya––membuat suasana batin terasa damai dan sentosa. Rasa damai dan tenang itu bersemayam di dalam hati karena selalu yakin dilindungi Allah Ta'ala.
“Hymne Oh Pondokku” juga berisi ungkapan rasa syukur bahwa pondok tidak saja berjasa mencetak santri berilmu dan berakhlak, peran dan kontribusi institusi pesantren melalui misi pendidikan (tarbiyah wa ta’lim) dan dakwah (da’wah) sangat andil dalam pembangunan dan perjuangannya demi bangsa dan negara. Saking mulianya jasa pondok kepada kehidupan santri, citra pondok diibaratkan seperti ibu kandung yang penuh kasih sayang mengasuh anak-anaknya agar kelak tumbuh menjadi anak yang saleh dan salehah serta bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara.
Setelah menjadi alumni ada perbedaan rasa saat menikmati lagu “Hymne Oh Pondokku” dibanding ketika masih menjadi santri. Bagi alumni lagu pujian kepada pondok itu begitu melekat dan menggetarkan jiwa. Setiap liriknya kerap membuka album kenangan kehidupan santri di pesantren. Lagu itu menyeret setiap yang mendengarnya terbang ke masa lalu yang indah. Bagaimana dulu sejak kali pertama masuk pondok, semua wajah santri baru tampak lugu, polos dan tidak tahu apa-apa. Jangankan soal berpakaian, mengenakan sarung saja masih sering kedodoran. Tetapi seiring perjalan waktu semua rintangan dapat dilalui dengan sabar dan sungguh-sungguh.
Lagu “Hymne Oh Pondokku” memang menyimpan kenangan luar biasa. Kenangan dengan kakak pengurus, teman sekamar, teman sekelas dan teman seorganisasi. Juga sulit untuk melupakan kenangan saat menerima hukuman atau sanksi karena melanggar disiplin. Sanksi-sanksi itu termasuk hukuman seberat apapun acapkali diterima santri dengan lapang dada sebagai bentuk tanggungjawab.
“Hymne Oh pondokku” yang memiliki irama lambat itu pastinya mengingatkan para alumninya betapa mulia dan ikhlasnya pengorbanan pengasuh pondok (Kiai) dan dewan guru mendidik para santrinya. Pada akhirnya sampai kapan pun hymne yang dibuat sangat puitis itu bukanlah sekadar nyanyian tetapi sebagai alarm atau bel yang senantiasa menyadarkan bahwa pondok berserta panca jiwanya (keikhlasan, kesederhanaan, berdikari, ukhuwah islamiyah dan kebebasan) benar-benar harus dipraktikkan dan kerap memancar dalam kehidupan sehari-hari.
Terakhir Hymne yang mengandung nilai perjuangan itu mengingatkan bahwa pondok, santri dan para alumni harus berjasa tanpa harus meminta jasa. Sekadar bernostalgia sekali waktu tak ada salahnya antum coba nikmati lagu Hymne Oh Pondokku yang sekian tahun–– barangkali––antum hampir melupakannya.
Oh Pondokku tempat naung kita
dari kecil sehingga dewasa
rasa batin damai dan sentosa
dilindungi Allah Ta'ala
Oh pondokku engkau berjasa
pada ibuku Indonesia
Tiap pagi dan petang
kita beramai sembahyang
mengabdi pada Allah Ta'ala
di dalam kalbu kita
Wahai pondok tempatku
laksana ibu kandungku
nan kasih serta sayang padaku

Oh pondokku.......
I....bu....ku.............

No comments:

Post a Comment